Minggu, 17 Juni 2012

Dahlan Iskan Beri "Lampu Hijau" BNI Akuisisi Bahana Securities

Jakarta, (tvOne)

Menteri BUMN Dahlan Iskan memberikan "lampu hijau" bagi PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) untuk mengakuisisi PT Bahana Securities Persero melalui mekanisme penukaran obligasi rekapitalisasi (obligasi rekap). "Saya ikut saja. Kalau Menteri Keuangan sudah mengatakan hal tersebut, maka saya sebagai yang dikuasai hanya mengikuti," kata Dahlan Iskan saat ditemui pada acara Mandiri CFO Forum di Jakarta, Kamis (14/6).



Dahlan juga memberikan peluang bagi PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) untuk menukarkan obligasi rekapitalisasinya, sebab Bank Mandiri memiliki obligasi rekap yang terbesar dibandingkan bank BUMN lain. "Terutama untuk Bank Mandiri selain sebagai bank BUMN terbesar, juga memiliki obligasi rekap yang terbanyak," ungkapnya.

Menteri Keuangan Agus Martowardojo telah memberikan persetujuan bagi BNI untuk menggunakan penukaran obligasi rekap dengan mengakuisisi BUMN Sekuritas, yakni Bahana Securities, asalkan mendapatkan dukungan dari DPR. Menkeu beralasan keinginan BNI mengakuisisi Bahana harus melalui pertimbangan DPR karena berkaitan dengan divestasi (pelepasan) saham, mengingat Bahana adalah perusahaan pemerintah.

Akhir 2011, BNI tercatat memiliki obligasi rekap sebesar Rp16,57 triliun. Mayoritas merupakan jenis "hold to maturity" dengan suku bunga "fixed" (tetap) sebesar Rp14,25 triliun dan sisanya berjenis "available for sale" dengan suku bunga mengambang. Sementara itu, Bank Mandiri memiliki obligasi rekapitalisasi sebesar Rp72 triliun, termasuk AFS senilai Rp54 triliun. (Ant)

sumber : http://ekonomi.tvonenews.tv/berita/view/57794/2012/06/14/dahlan_iskan_beri_lampu_hijau_bni_akuisisi_bahana_securities.tvOne

0 komentar:

Posting Komentar