Sabtu, 16 Juni 2012

Dahlan Ingin BUMN Tampil Lebih `Feminim`

Ekonomi - / Sabtu, 16 Juni 2012 19:36 WIB
Metrotvnews.com, Semarang: Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan punya keinginan agar semua jajaran BUMN tampil lebih "feminin". BUMUN harus memberi kesempatan sama pada kaum perempuan dalam berkarier.



"Dulu, waktu saya masih menjadi Direktur Utama PT PLN, saya berpikir kenapa pelayanan PLN seperti itu? Ternyata karena PLN terlalu 'laki-laki'. Saya kemudian ubah agar lebih 'feminin'," katanya di Semarang, Sabtu (16/6).

Hal tersebut diungkapkannya usai memberikan kuliah umum berjudul "Penguasaan Sains dan Teknologi untuk Kemanusiaan Bangsa dan Pengentasan Kemiskinan" yang digelar di Universitas Diponegoro Semarang.

Menjawab pertanyaan salah satu mahasiswi yang menilai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kurang memberi kesempatan pada kaum perempuan, Dahlan mengatakan sedikit demi sedikit BUMN-BUMN akan diubah agar tampil lebih "feminin".

Upaya mengubah BUMN lebih ramah terhadap kaum perempuan, Dahlan mengawalinya dari PT PLN dengan membuatkan ruang mengasuh bayi dan menyusui di kantor pusat, mengingat perempuan sangat membutuhkan fasilitas itu.

"Saya minta, dan sudah dilaksanakan, dan saat ini sudah dibangun serta dimanfaatkan, yakni ruang khusus untuk mengasuh bayi dan menyusui di Kantor Pusat PT PLN. Ini fasilitas yang sangat dibutuhkan," katanya.

Ia mengakui banyak wanita-wanita pekerja yang harus tersita waktunya dalam mengasuh anak sehingga mengganggu konsentrasinya dalam bekerja, padahal mereka ini adalah perempuan-perempuan hebat.

Oleh karena itu, kata dia, kaum perempuan harus difasilitasi dalam pemenuhan kewajiban yang menjadi kodratnya, terutama para wanita yang bekerja di jajaran BUMN untuk menunjang pengabdian mereka dalam berkarier.

Selain itu, dirinya bersikeras bahwa harus ada setidaknya satu perempuan yang menduduki jajaran kepemimpinan BUMN yang diharapkan bisa membuat BUMN lebih ramah dan memberi kesempatan pada kaum perempuan.

"Saya mulai kebijakan itu di PT PLN. Setelah itu, giliran PT Telkom dan Pertamina. Pertamina juga sudah merencanakan membangun fasilitas ruang asuh bayi. Nantinya, seluruh BUMN harus membangun fasilitas itu," katanya.

Dengan membuat jajaran BUMN tampil lebih "feminin", Dahlan berharap bisa memperbaiki dan lebih meningkatkan kualitas pelayanan badan-badan usaha milik pemerintah tersebut kepada masyarakat.(Ant/ICH)

0 komentar:

Posting Komentar